25 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Besar tapi Jarang Dilirik

Jakarta, CNBC Indonesia – Memilih jurusan kuliah bisa jadi salah satu tahapan penting dalam hidup seseorang. Sebab, jurusan yang Anda pilih bisa menentukan karir profesional Anda seumur hidup.

Jika salah memilih jurusan, Anda bukan hanya rugi waktu dan biaya, tapi juga bisa menyebabkan penyesalan yang panjang di kemudian hari. 

Ada banyak faktor yang jadi pertimbangan calon mahasiswa sebelum menentukan jurusan kuliah, namun yang paling umum adalah peluang kerja serta gaji setelah lulus nanti.

Berikut adalah 25 jurusan kuliah yang lulusannya paling mudah dapat kerja karena peluang kerja yang besar :

1. Mikrobiologi

Jurusan mikrobiologi mempelajari mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Meskipun jurusan ini kurang diminati, peluang kerja di bidang mikrobiologi sangat luas. Lulusan mikrobiologi bisa bekerja di laboratorium medis, industri makanan, atau sebagai peneliti mikrobiologi.

2. Ilmu Kelautan

Jurusan ilmu kelautan mempelajari kehidupan di laut dan ekosistemnya. Dalam era perubahan iklim ini, pemahaman tentang laut dan perannya dalam menjaga keseimbangan ekosistem semakin penting. Lulusan ilmu kelautan bisa bekerja di industri perikanan, penelitian kelautan, atau sebagai konsultan lingkungan.

3. Patologi

Patologi adalah ilmu yang mempelajari penyakit dan perubahan struktural dalam tubuh manusia. Meskipun terlihat rumit, peluang kerja di bidang patologi sangat menjanjikan. Lulusan patologi bisa bekerja di rumah sakit, laboratorium medis, atau sebagai ahli forensik.

4. Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Jurusan ekonomi sumber daya alam mempelajari pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan. Dalam era green economy saat ini, lulusan ekonomi sumber daya alam memiliki peluang kerja yang cerah. Mereka bisa bekerja di perusahaan energi, lembaga lingkungan, atau sebagai analis kebijakan.

5. Fisika Medis

Fisika medis merupakan bidang yang menggabungkan ilmu fisika dengan kedokteran. Jurusan ini mempersiapkan Anda untuk menjadi ahli fisika yang bekerja di rumah sakit atau pusat medis. Dalam era teknologi medis yang semakin maju, kebutuhan akan fisikawan medis semakin meningkat.

6. Kriptografi

Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik penyandian dan keamanan data. Mahasiswa jurusan kriptografi juga belajar menganalisis protokol yang mencegah pihak ketiga atau publik membaca pesan pribadi.

Dalam era digital ini, kebutuhan akan ahli kriptografi semakin meningkat. Lulusan kriptografi bisa bekerja di industri keamanan cyber, perbankan, atau pemerintahan.

7. Astronomi

Jurusan astronomi mempelajari benda langit dan fenomena alam semesta. Bagi pecinta ruang angkasa, ini adalah jurusan yang menarik. Peluang karir di bidang ini meliputi penelitian, pendidikan, atau bekerja di lembaga astronomi terkemuka.

8. Filologi

Filologi adalah studi mendalam tentang bahasa dan sastra. Meskipun terlihat seperti jurusan kuno, filologi masih memiliki peluang kerja yang besar. Lulusan filologi bisa bekerja sebagai penerjemah, editor buku, peneliti, atau guru bahasa.

9. Konservasi Laut

Jurusan konservasi laut fokus pada pelestarian ekosistem laut dan keanekaragaman hayati. Meskipun peminatnya masih sedikit, peluang kerja di bidang ini semakin terbuka seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan laut.

10. Fotografi

Banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi, padahal skill ini juga bisa menjadi karir yang menjanjikan. Jurusan fotografi memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang fotografer profesional. Dalam era media sosial yang perkembangannya pesat, kebutuhan akan fotografer semakin meningkat.

11. Biokimia

Jurusan biokimia mempelajari interaksi molekuler dalam organisme hidup. Meskipun terlihat kompleks, peluang kerja di bidang ini sangat luas. Lulusan biokimia bisa bekerja di industri farmasi, riset biomedis, atau pengembangan produk bioteknologi.

12. Arkeologi

Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia di masa lampau melalui peninggalan-peninggalan yang ditemukan. Meskipun tidak banyak yang memilih jurusan ini, peluang karir di bidang arkeologi cukup menjanjikan. Anda bisa bekerja di museum, institut penelitian, atau sebagai konsultan arkeologi.

13. Antropologi Sosial

Jurusan antropologi sosial mempelajari kebudayaan manusia dan perkembangannya. Dalam era globalisasi ini, pemahaman tentang perbedaan budaya menjadi semakin penting. Lulusan antropologi sosial bisa bekerja sebagai konsultan multikultural, peneliti sosial, atau dosen.

14. Filsafat

Filsafat adalah studi tentang pemikiran manusia dan pertanyaan-pertanyaan eksistensial. Meskipun sering dianggap jurusan yang abstrak, lulusan filsafat memiliki kemampuan analitis dan logis yang tinggi. Peluang kerja bagi lulusan filsafat termasuk menjadi pengajar, penulis, atau konsultan etika.

15. Musikologi

Jurusan musikologi mempelajari musik dari segi sejarah, budaya, dan analisis. Bagi pecinta musik, ini adalah jurusan yang menarik. Lulusan musikologi bisa bekerja sebagai pengajar musik, peneliti musik, atau kritikus musik.

16. Teologi

Jurusan teologi mempelajari agama dan keyakinan. Meskipun peminatnya terbatas, peluang kerja di bidang ini tidak hanya terbatas pada menjadi pendeta atau imam. Lulusan teologi bisa bekerja di lembaga keagamaan, yayasan sosial, atau sebagai konselor spiritual.

17. Bahasa Arab

Meskipun jarang dilirik oleh calon mahasiswa, jurusan Bahasa Arab memiliki peluang kerja yang menjanjikan. Dalam era globalisasi, kebutuhan akan penerjemah, diplomat, atau ahli bahasa Arab semakin meningkat. Jadi, jika Anda memiliki minat dalam budaya Arab, jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

18. Arsitektur Lanskap

Jurusan arsitektur lanskap mempelajari desain dan pengelolaan ruang terbuka. Meskipun terlihat seperti jurusan yang tidak populer, peluang kerja di bidang ini cukup menjanjikan. Lulusan arsitektur lanskap bisa bekerja di perusahaan desain, pemerintah daerah, atau sebagai konsultan lanskap.

19. Kajian Asia Timur

Kajian Asia Timur adalah jurusan yang mempelajari budaya, sejarah, dan kehidupan masyarakat di Asia Timur. Peluang kerja bagi lulusan jurusan ini termasuk menjadi diplomat, peneliti, atau pengajar di perguruan tinggi.

20. Etologi

Etologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku hewan. Meskipun jurusan ini tidak terlalu populer, peluang kerja di bidang etologi semakin meningkat. Lulusan etologi bisa bekerja di kebun binatang, penelitian hewan, atau lembaga konservasi.

21. Studi Perdamaian

Studi perdamaian adalah jurusan yang mempelajari konflik dan cara-cara untuk mencapai perdamaian. Meskipun jarang dipilih, peluang kerja di bidang ini semakin meningkat. Lulusan studi perdamaian bisa bekerja di organisasi perdamaian, lembaga penelitian, atau sebagai mediator konflik.

22. Pendidikan Khusus

Jurusan pendidikan khusus mempersiapkan Anda untuk menjadi guru bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Meskipun terkadang dianggap kurang menarik, kebutuhan akan guru pendidikan khusus semakin meningkat. Lulusan pendidikan khusus bisa bekerja di sekolah inklusi, yayasan pendidikan, atau sebagai konsultan pendidikan.

23. Kajian Gender

Kajian gender adalah jurusan yang mempelajari peran gender dalam masyarakat. Dalam era yang semakin menyadari pentingnya kesetaraan gender, lulusan kajian gender memiliki peluang kerja yang luas. Mereka bisa bekerja di lembaga pemerintah, LSM, atau sebagai konsultan gender.

24. Geofisika

Geofisika adalah jurusan yang mempelajari fisika bumi dan geologi secara mendalam. Meskipun peminatnya tidak sebanyak jurusan lainnya, peluang kerja di bidang ini sangat menjanjikan. Lulusan geofisika bisa bekerja sebagai ahli geologi, peneliti bumi, atau konsultan lingkungan.

25. Kartografi

Kartografi adalah ilmu yang mempelajari pembuatan peta. Meskipun jarang dipilih oleh banyak siswa, peluang kerja di bidang ini cukup baik. Lulusan kartografi bisa bekerja di pemerintahan, perusahaan perencanaan kota, atau sebagai konsultan peta. https://berikanlah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*