Akhirnya Bentar Lagi Tersambung Penuh, Ini Dia 6 Ruas Tol JORR 2

Jakarta, CNBC Indonesia РJalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 km sudah resmi beroperasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meresmikan langsung di GT Limo Utama, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Senin (8/1/2024).

“Ini akan memperlancar mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik yang kita harapkan ini akan mengurangi kemacetan dan masyarakat akan memiliki pilihan, memiliki alternatif, dengan menggunakan ruas jalan yang lebih lancar,” ujar Jokowi dalam peresmian.

Jalan tol ini menjadi bagian penting dalam menghubungkan Depok di bagian Selatan dengan Bandara Soekarno Hatta di bagian barat. Tol ini masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) yang melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Cilincing sepanjang 111 km diharapkan bisa segera diselesaikan karena sudah ditunggu masyarakat.

Jalan Tol JORR 2 melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Cilincing sepanjang 111 km terdiri atas enam ruas, yakni:

= Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,2 km

= Kunciran-Serpong sepanjang 11,1 km

= Serpong-Cinere sepanjang 10,1 km

= Cinere-Jagorawi sepanjang 14,7 km

= Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,5 km

= Cibitung-Cilincing sepanjang 34 km.

Tol Cimanggis – Cibitung yang dibangun oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways.

Kemudian ruas Cibitung – Cilincing yang dibangun oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Ways. Di mana pembangunan terbagi menjadi empat seksi, yakni Seksi 1 SS Cibitung – Gabus Indah dan Seksi 2 Gabus Indah – Muara Bakti. Sedangkan seksi 3 Muara Bakti – Kanal Banjir Timur dan Seksi 4 Kanal Banjir Timur – Cilincing.

Jalur tol ini memerlukan proses waktu yang panjang, bahkan sudah mulai digarap sejak tahun 2006 atau 18 tahun lalu. Masalah muncul dalam hal pembebasan tanah, warga warga Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat ramai-ramai menolak karena tidak setuju dengan harga yang ditawarkan dan tidak sesuai keinginan dan aspirasi warga.

Staf Pelaksana Kasi Pemerintahan Kelurahan Krukut, Hamzah Harun menjelaskan tim appraisal yang mengumumkan nilai jual tanah kala itu (12 Desember 2019), langsung ditolak mayoritas warga.

“Harga tertinggi kemarin Rp 6,5 juta per meter persegi, terendah ada yang Rp 1,8 juta per meter persegi. Kemarin ada luas tanah sekitar 50 meter persegi plus bangunan, dihargai Rp 170 juta. Berarti kan kenanya cuma berapa per meternya. Dengan harga kemarin semua ditolak,” katanya kepada CNBC Indonesia 2019 silam.

Ketika ruas Serpong-Cinere selesai, kini penyelesaian akhirnya di Tol Cimanggis – Cibitung seksi 2B Cikeas – Cibitung (19,65 km). Jika ini rampung, maka JORR III sejauh 111 km bakal tersambung.

Jarak tersebut menghubungkan Cengkareng Bandara Soekarno Hatta, Kunciran, Serpong, Cinere, Cimanggis, Cibitung, Cilincing hingga Pelabuhan Tanjung Priok, panjangnya mencapai 111 km.

Jika Tol Cimanggis – Cibitung seksi 2B Cikeas – Cibitung sudah resmi tersambung, maka tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek yang sebelumnya sudah ada, mencakup ruas tol lingkar dalam (46 km), Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 (65 km), dan JORR 2 (111 km).

Tersambung Penuh

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan ruas tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) bakal tersambung dalam waktu sekitar dua bulan ke depan. Saat ini ruas JORR 2 yang masih dalam tahap penyelesaian adalah Tol Cimanggis – Cibitung seksi 2B Cikeas – Cibitung (19,65 km).

Dengan begitu, tol JORR 2 bakal tersambung sepenuhnya.

“Ruas ini akan rampung sekitar Maret 2024,” kata Basuki dalam keterangan resmi dikutip Selasa (9/1/2024). https://caridimanaka.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*