Fix! Upacara Kemerdekaan RI Pindah Ke IKN Tahun Ini

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Kementerian Sekretariat Negara memastikan upacara bendera pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke – 79 tidak lagi digelar di Jakarta. Melainkan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal ini diputuskan melalui rapat Kementerian Sekretariat Negara bersama semua Kementerian, Lembaga, TNI – Polri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

“Rapat besar pertama untuk persiapan HUT Kemerdekaan Ke – 79 yang dolakukan di IKN itu yang pertama kalinya,” kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama saat memberikan keterangan pers.

Ia menjelaskan menjelaskan persiapan upacara sudah dilakukan pada Januari ini, sehingga memiliki waktu 8 bulan sebelum dilakukan upacara di IKN.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengimbau kepada setiap kementerian dan lembaga untuk melakukan persiapan upacara di IKN.

“Saya minta perbidang, ada bidang komunikasi, bidang upacara, bidang sarana prasarana, infrastruktur untuk segera mereka bidang-bidang itu merapatkan-membahas sesuai dengan bidangnya, dan tentunya membahas terkini yang disesuaikan dengan kondisi IKN pada saat nanti bulan Agustus,” kata Heru yang menjadi Ketua Panitia.

Selain itu, Heru juga meminta kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk segera menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lebih cepat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Lebih lanjut, Heru pun meminta agar proses latihan pasukan tersebut agar dapat dimulai dengan segera.

Terkait sarana kesiapan seperti hotel, akomodasi juga sudah disiapkan yang tersebar di sejumlah tempat.

Nantinya pada saat pelaksanaan terdapat kemungkinan mengundang masyarakat secara hybrid seperti pada 2020 dan 2021 lalu. Selain itu pemerintah berencana menyelenggarakan rangkaian peringatan HUT RI ke 79 ini digelar mulai dari 1 – 18 Agustus 2024 di IKN.

“1 – 18 Agustus semua di IKN,” kata Heru. https://blejermot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*