Sutradara ‘Parasite’ Desak Penyelidikan Kematian Lee Sun Kyun

Jakarta, CNBC Indonesia – Sutradara kondang asal Korea Selatan, Bong Joon Ho, beserta sejumlah artis, menyerukan penyelidikan atas penyebab kematian aktor Lee Sun Kyun. Bong Jon Ho adalah sutradara film Parasite yang juga dibintangi oleh mendiang Lee Sun Kyun.

Seperti diketahui, Lee Sun Kyun, yang berusia 48 tahun, meninggal dunia pada Desember lalu di tengah penyelidikan polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba.

Mengutip laporan Korea Herald, Asosiasi Solidaritas Seniman Budaya, sebuah organisasi baru yang terdiri dari 29 kelompok budaya dan seni termasuk Festival Film Busan dan Asosiasi Produser Hiburan Korea, merilis pernyataan pada Selasa (9/1/2024) yang mendesak pihak berwenang dan media untuk mencegah kematian serupa terulang kembali.

Asosiasi itu mengatakan akan mengadakan konferensi pers di Seoul pada hari Jumat, dan akan dihadiri sutradara Bong Joon-ho dan sejumlah tokoh terkenal lain di industri hiburan Korea Selatan.

“Dalam menghadapi kematian tragis aktor Lee Sun Kyun, kami memiliki keinginan yang sama bahwa hal ini tidak boleh terjadi lagi. Kami akan meminta penyelidikan petugas investigasi untuk menemukan kebenaran, meminta media untuk menghapus artikel yang tidak sesuai fakta, serta mendesak pihak berwenang untuk merevisi undang-undang untuk melindungi hak asasi artis,” kata asosiasi tersebut dalam sebuah pernyataan. 

Pada 27 Desember, Lee Sun Kyun ditemukan tewas di dalam mobil dekat taman di Jongno-gu, Seoul. Dia sendiri sedang dalam proses penyelidikan dalam kasus penyalahgunaan narkoba. Lee telah menjalani tiga kali pemeriksaan atas dugaan penggunaan ganja dan obat-obatan terlarang lainnya.

Pada November, aktor berusia 48 tahun tersebut mengakui perbuatannya mengonsumsi narkoba, namun Lee menekankan bahwa dia mengonsumsinya “tanpa sadar” karena dijebak oleh seorang host wanita di sebuah tempat hiburan. Namun, wanita yang dimaksud mengklaim bahwa aktor tersebut mengetahui apa yang dikonsumsinya.

Lee lalu mengajukan permintaan kepada polisi untuk melakukan tes poligraf untuk dia dan wanita tersebut demi memverifikasi siapa yang berkata jujur.

Setelah kematian Lee, polisi menutup penyelidikan kasus tersebut. https://buerinas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*