Turnamen Sains Data Nasional Cari Talenta Terbaik Bidang Keamanan

Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka – Pembukaan kegiatan Turnamen Sains Data Nasional (TSDN) 2023 dibuka sejalan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023.

Turnamen Sains Data Nasional 2023 yang tahun ini di motori oleh Data Academy dengan ASDASI, kali ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai instansi.

Seperti, instansi pemerintah, pendidikan, hingga perusahaan korporasi yang bergerak di bidang data sains.

Momen Sumpah Pemuda menjadi pemacu penting untuk membangkitkan kembali semangat pemuda di setiap generasinya.

Antusiasme tinggi peserta turnamen ini terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti serangkaian acara pembukaan Turnamen Sains Data Nasional 2023 yang digelar secara daring pada Sabtu (28/10/2023).

Turnamen Sains Data Nasional 2023 mengangkat tema tentang “Meningkatkan Keamanan Menggunakan Keilmuan Sains Data AI”.

TSDN tahun ini mengajak para pemuda sains untuk memperdalam ilmu data sains dan siap dalam menghadapi tantangan Data AI serta membantu para ahli untuk memecahkan masalah pada keamanan data.

Pembukaan diawali menyanyikan Indonesia Raya sebagai wujud meningkatkan dan memupuk jiwa nasionalisme terhadap Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan sambutan pertama dari CEO Data Academy, Luthfy Ardiansyah.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa tema keamanan data sains ini diambil agar para praktisi dan pemuda sains dapat bersama sama mencari solusi dan strategi untuk meningkatkan keamanan dengan implementasi data sains.

Dukungan berikutnya diberikan Wakil Ketua ASDASI Prof Dr Lily Surayya Eka Putri. 

Dalam sambutannya ia mengatakan, kebutuhan data sains di Indonesia saat ini baru 50 persen yang terpenuhi.

Adanya acara Turnamen Sains Data Nasional 2023 ini diharapkan dapat memacu semangat para pemuda sains untuk terus belajar dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan sains data di Indonesia.

Sambutan berikutnya Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN Brigjen TNI Berty Beatus Willem. 

Dia mengatakan, BSSN mendukung penuh kegiatan Turnamen Sains Data Nasional 2023 ini.

“BSSN memiliki harapan yang besar bahwa acara TSDN 2023 ini akan menjadi tonggak tonggak untuk minat dan bakat pemuda sains sebagai agen perubahan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik” ujar Berty dalam sambutannya.

Dr Ir Katmoko Ari Sambodo, asisten Deputi PANRB juga menyampaikan dukungannya kepada para peserta Turnamen Sains Data Nasional.

Ia menjelaskan pentingnya data sains dalam pemerintahan, karena mampu membantu pemerintah untuk mengumpulkan, mengelola dan menganalisis data untuk mencapai tujuan pengambilan keputusan berdasarkan data yang akurat untuk kemajuan bangsa.

Sigit Wijatmoko, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Yudhistira Nugraha,Kepala Jakarta Smart City turut memberikan dukungannya kepada para peserta TSDN 2023 ini.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan, keamanan data bukan hanya menjadi tanggung jawab para pengguna data sains, tapi juga menjadi tanggung jawab bersama. 

Pemerintah, organisasi, komunitas data sains, masyarakat harus berkolaborasi dalam meneliti keamanan data.

Dari sektor edukasi, hadir Marsekal Pertama TNI Dr Ir Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, Rektor ITDA, yang juga menyampaikan dukungannya kepada para peserta TSDN 2023.

Dia menyampaikan bahwa Turnamen data Sains Nasional 2023 ini dapat menjadi wujud nyata dalam kontribusi untuk mendorong pengembangan sains data di Indonesia.

“Kami percaya, turnamen ini tidak hanya diuji untuk sains data saja, namun juga untuk menentukan inovasi inovasi baru dalam sains data” ujarnya.

Gabriel Prayogo, Brand Manager Pyfa Health, juga menyampaikan dukungannya kepada para peserta.

Ia menjelaskan bahwa data is the new oil. Dia berharap para peserta dapat lebih mendalami ilmu data AI untuk masa depan yang lebih baik.

Di akhir sesi, terdapat sharing session terkait tata cara pendaftaran dan ketentuan mengikuti turnamen tahun ini.

Saat acara berlangsung tim peserta yang sudah mendaftar sudah lebih dari 300 tim dari seluruh Indonesia.

Diharapkan, Turnamen Sains Data Nasional 2023 ini memberikan dampak baik pada kemajuan teknologi serta talenta yang mumpuni, yang mampu meningkatkan sistem keamanan siber dengan menggunakan keilmuan data science dan AI.https://tipatkaiganteng.com/wp-admin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*