Baru Bertugas Di Indonesia

Dubes Jepang Kebut Kerja Sama Ekonomi

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi kanan memberikan plakat Japanese Cuisine Goodwill Ambassador kepada Publik Figur Melody Nurramdhani Laksani kiri disaksikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Arifin Tasrif tengah saat menyelenggarakan resepsi Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang di Jakarta, Rabu 21/2/2024. KHAIRIZAL ANWAR / RM
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi kanan memberikan plakat Japanese Cuisine Goodwill Ambassador kepada Publik Figur Melody Nurramdhani Laksani kiri disaksikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Arifin Tasrif tengah saat menyelenggarakan resepsi Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang di Jakarta, Rabu 21/2/2024. KHAIRIZAL ANWAR / RM

RM.id  Rakyat Merdeka – Jepang akan terus mendorong kerja sama dengan Indonesia untuk menguatkan kinerja ekonomi di tengah perlambatan ekonomi Negeri Sakura. Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi menilai, kolaborasi akan membuat masalah ekonomi mudah teratasi.

Dubes Masaki yang resmi ber­tugas di Indonesia pada 15 Feb­ruari 2024 itu mengakui, ekono­mi Jepang tidak dalam keadaan baik, akibat tekanan deflasi dalam beberapa waktu belakangan. Ia juga menyebut, tingkat kenaikan gaji sebagai salah satu masalah serius lain yang diha­dapi Negeri Matahari Terbit itu.

Akibat lesunya ekonomi, Je­pang mengalami resesi dan kehilangan statusnya sebagai negara dengan ekonomi terbe­sar ketiga dunia. Demi memacu ekonominya, Dubes Masaki siap tancap gas mendorong kerja sama dengan Indonesia.

“Kita bisa bekerja sama dengan sangat baik untuk mengatasi ma­salah ekonomi. Tak hanya untuk Jepang, tapi juga Indonesia, yang masih perlu bantuan untuk berkem­bang. Kita tentu punya hubungan yang saling menguntungkan,” ucap Masaki, dalam Perayaan Ulang Tahun Kaisar Naruhito, di Jakarta, Rabu (21/2/2024) malam.

Masaki juga menyebut pengembangan proyek infrastruk­tur, transisi energi, serta sumber daya berkelanjutan, sebagai sejumlah bidang yang kerja samanya patut dikembangkan lebih jauh dengan Indonesia.

“Terkait hal ini, Indonesia dan Jepang juga dapat bekerja sama dalam aspek perdagangan, investasi, dan pertukaran tenaga kerja. Selain itu, saat ini banyak warga negara Indonesia yang tidak hanya berwisata, tapi juga bekerja di Jepang,” imbuhnya.

Masaki mengatakan, saat ini su­dah ada lebih dari 28 ribu pekerja Indonesia yang berkecimpung dalam industri manufaktur, agri­kultur, layanan medis, perikanan, dan sektor lainnya di Jepang.

“Kami memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pekerja ahli dari Indonesia. Karena kami perlu tenaga kerja yang berkuali­tas,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, sebagai perwakilan Pemerintah dalam Perayaan Ulang Tahun Kaisar, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tas­rif mengatakan, Indonesia siap bekerja sama dengan Jepang dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan kuali­tas hidup. Menurutnya, kedua negara, dapat berkolaborasi untuk menghadapi tantangan, sep­erti keamanan energi, perubahan iklim, hingga renewable energy.

“Kita harus merefleksikan tong­gak sejarah yang telah dicapai dari kolaborasi kita di masa depan,” harapnya. Hadir juga dalam acara itu, Menteri Agraria & Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN), Agus Harimurti Yudhoyono.

Sementara perayaan ultah Kaisar di Jakarta, berlangsung meriah, dengan ornamen dan makanan khas Jepang. Masaki juga mengajak mantan personel girl group JKT48, Melody Nur­ramdhani Laksani mencicipi makanan Jepang. Seperti sushi, sashimi, tempura, udon hingga teh.

Melody ditunjuk sebagai Duta Persahabatan untuk mempro­mosikan makanan Jepang. Malam itu, Melody tampil anggun dalam balutan kimono Jepang merah.

Dubes Masaki mengajak Mel­ody menikmati hidangan hasil laut Jepang, yaitu Hotate atau kerang Jepang dari Hokkaido. Dia berharap hasil laut Jepang disukai masyarakat Indone­sia. “Banyak hasil laut Jepang yang bisa dinikmati,” kata Dubes Masaki Yasushi.

Melody mengatakan, banyak makanan Jepang sudah cukup terkenal di Indonesia. Namun, Sashimi merupakan makanan yang otentik dengan Negara Sakura itu. Menurutnya, sashimi sangat istimewa karena bahan bakunya juga berasal dari Jepang, yang memiliki kualitas baik.https://tipatkaiganteng.com/wp-admin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*